Update

8/recent/ticker-posts

MENELISIK MUSEUM KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA





Jakarta - Sejarah negara kita Indonesia banyak sekali kejadian yang tidak dapat kita bayangkan bagaimana para pejuang dan rakyat Indonesia jaman dulu itu berjuang melawan penjajah bahkan mengusir dari tanah air Indonesia ini dengan berbagai macam cara, pada jaman dulu pejuang kita hanya beralatkan senjata tradisional sampai kemerdekaan dikumandangkan oleh Presiden Ir.Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah Merdeka bangsa Indonesia terus berupaya mempertahankan hingga sekarang ini, dengan demikian sisa - sisa peralatan perang kemerdekaan, mulai dari kemeja para pejuang, mobil, senjata inilah semuanya disimpan dalam Museum guna untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam medan pertempuran, salah satunya Museum. Dalam hal ini yang akan saya sampaikan adalah tentang Museum Polri, dimana Museum Polri ini dibangun juga untuk mengenang pahlawan dari kepolisian, kala itu korbannya seorang anggota kepolisian yang saat kejadian menjadi korban keganasan G 30 S PKI sehingga Negara memberikan apresiasi dan penghargaan untuk kepolisian, Museum ini sebagai salah satu tempat peninggalan sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mana museum ini dibangun bergaya semi modern yang dimiliki oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia saat ini. Bila kita lihat secara sepintas bangunan museum Polri ini bergaya konsep tahun 70-an lalu ditambahi adanya jendela - jendela modern sehingga menambah kesan serta nilai estetika klasik modern disertai desain interior mendasari konsep galeri didalamnya. Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia menawarkan penelusuran sejarah kepolisian Negara Republik Indonesia melalui ruang galeri sehingga tanpa terasa kita sebagai para pengunjung akan terasa ada didalam kepolisian masa lalu hingga masa kini. Warisan - warisan kekayaan Kepolisian Negara Republik Indonesia disajikan untuk kita generasi penerus bangsa dan tentu sebagai anggota polri haruslah merawat dan menjaga kelestariannya, dengan demikian Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah milik kita bersama sehingga mau tidak mau tentu sebagai generasi penerus harus mampu merawatnya agar senantiasa terjaga kelestariannya dan keutuhan bangunannya. Berikut ini ada beberapa bagian yang tentunya perlu kita jaga keutuhannya sebagai berikut :

Ruang Koleksi dan Peristiwa

Tugas daripada anggota kepolisian yang secara khusus memerlukan alat atau peralatan yang khas dalam menjalankan tugasnya dalam merawat museum ini. Alat peralatan tersebut merupakan koleksi Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya dalam melakukan penegakan hukum. Koleksi peralatan yang dimiliki ini mampu memberikan gambaran bahwa bagaimana perkembangan teknologi dalam mendukung, membantu dan dimanfaatkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menjalankan tugas pokok secara profesional. Dalam ruang ini yang kita liht akan dipamerkan berbagai macam koleksi peralatan utama dan alat bantu utama Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menjalankan tugasnya.

Ruang Sejarah

Konsep lembaga kepolisian dalam tatanan kenegaraan telah ada sejak masa lampau. Dalam perkembangannya Kepolisian Negara Republik Indonesia mengalami perubahan seiring dengan perjalanan bangsa dan negara Indonesia. Namun identitas Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai salah satu aparatur pemerintah pelayan, pelindung, dan penegak hukum tidak pernah dan tidak akan pernah lekang oleh waktu, mengapa demikian ? Karena tugas dan pekerjaan polisi selalu ada dan diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga Kepolisian Negara Republik Indonesia terus dan harus terus meningkatkan kemampuan teknis profesi tanpa henti untuk menghadapi perkembangan keadaan dan perkembangan jaman.

Ruang Kepahlawanan

Disini tidak banyak yang dapat bagaimana kita sebagai generasi penerus di era reformasi yang menuju Indonesia Maju belum tentu bisa memahami kehidupan seorang yang memiliki profesi sebagai polisi dalam kesehariannya, mengapa ? Sebab tugas dan cakupan area tugas serta berbagai macam tantangan yang dihadapi secara langsung dan tidak langsung inilah akan membentuk karakter yang khas seorang polisi profesional dalam bidangnya. Semua itu tidak kita ketahui, yang ada hanya "dimana polisinya?" saat masyarakat memerlukan tugas - tugas kepolisian, pada ruang ini akan diperlihatkan suka duka bagaimana menjadi seorang polisi yang bertugas pada area - area yang tidak banyak orang mengharapkannya namun tentu kehadiran pihak polsi ini sangat menguntungkan bagi masyarakat meskipun tidak setiap saat dibutuhkan, mengapa? Sebab dengan adanya pihak kepolisian tentunya dapat membawa rasa aman dan nyaman bagi kita semua.

Ruang Simbol dan Kesatuan

Mengenai Simbol dan Kesatuan ini adalah wujud suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan sehingga dengan adanya simbol itu sebagai wujud atribut dan menandakan seseorang tersebut berada pada suatu status tertentu sehingga menjadi kebanggaannya yang didapat dari suatu perjuangan dan usaha mencapai tugasnya. Sedangkan Kesatuan merupakan kumpulan orang yang melaksanakan tugas yang sama untuk mencapai tujuan tertentu, hal inilah yang menjadi tugas polisi sesuai simbol dan kesatuan yang dimilikinya sekaligus pelaksanaanya pun sesuai dengan pangkat dan lambang kesatuan serta pakaian seragam termasuk atributnya dari masa ke masa.

Ruang Penegakan Hukum

Perkembangan Negara saat ini terus berkembang namun didalam perkembangannya pun tingkat kejahatan sejalan dengan perkembangan masyarakat itu sendiri, mengapa? Sebab semakin tinggi peradaban dan kepandaian masyakarat maka hal ini juga akan mempengaruhi semakin tingginya modus operandi tindak kejahatan itu sendiri. Berbagai macam bentuk kejahatan yang terjadi dalam masyarakat (kejahatan internasional, kejahatan sosial, terorisme, dan sebagainya) itu Kepolisian tentu sudah berupaya secara profesional mengembangkan bagaimana penegakan hukum yang sesuai dengan porsinya sehingga Kepolisian Negara Republik Indonesia mampu berupaya menanggapi setiap kejahatan yang sangat mengganggu dan merugikan masyarakat tersebut dapat diatasi.

Ruang Kids Corner

Ruang kids corner ini dibuat didalam museum polri diperuntukkan kepada anak - anak sebagai generasi penerus bangsa dan negara, sebab pengenalan sejak dini pada anak - anak tentang bagaimana tugas dan fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menciptakan rasa aman kepada masyarakat secara khusus kepada anak - anak dengan cara yang menyenangkan sehingga mereka bisa menerima dan berfikir bahwa polisi ini menjadi pelindung bagi mereka. Ketika berada dalam ruangan ini anak - anak akan dibawa dalam suasana alam yang seakan - akan mereka ini menjadi petugas polisi sungguhan, menjadi penyidik (detektif), petugas samapta, petugas patroli dalam melakukan pencarian jejak, petunjuk dan mencoba belajar menjadi seorang penyidik. Disamping itu masih banyak pula yang disediakan oleh museum polri seperti permainan interaktif lainnya, buku - buku pengetahuan dan aktivitas bermain sambil belajar lainnya.

(Pen/Panji Wibowo 88)


Posting Komentar

0 Komentar