Update

8/recent/ticker-posts

Selayang Pandang Sang Jenderal Bintang Satu




Cilandak - BNRI NEWS

Suasana Hening bercampur dengan cuaca sejuk pagi hari membuat sang jenderal ini terus aktif melakukan aktifitasnya, Semangat untuk melakukan aktifitas kerja sehari - hari demi mencapai suatu cita - cita. Hal ini dibuktikan oleh seorang laki - laki yang memiliki semangat dan kegigihannya dalam menuntut ilmu di jenjang Militer. Laki - Laki tersebut bernama Brigadir Jenderal TNI Herianto Syahputra, S.I.P, MSi. ( lahir di Lhokseumawe, Aceh, 22 Januari 1968, umur 52 tahun ) adalah Seorang Perwira Tinggi TNI - AD yang sejak 24 Juni 2019 mengemban amanat sebagai menjabat Danpusdikma, Dengan semangat dan kerja kerasnya keberhasilannya itu telah dicapainya dan beliau sekarang menjabat Danpusdikma hingga sekarang ini.

Disela kesibukannya beliau masih memberikan kesempatan bagi saya untuk silaturahmi sekaligus beliau mengutarakan, Sebagian beranggapan bahwa jiwa kepemimpinan adalah bakat alami yang hanya dimiliki orang - orang tertentu. Alih - alih bawaan lahir, karakter leadership sebenarnya bisa ditanamkan dan dikembangkan dalam diri setiap orang. Minimal, memimpin dirinya sendiri (mengawali pembicaraan).

Bila kita ketahui seorang Pejabat, apalagi Pejabat Militer seperti sang Jenderal bintang satu ini, tentu dalam kesehariannya sibuk akan tugas dan tanggungjawab profesi sebagai TNI AD namun tanpa terduga oleh saya bahwa beliau masih sempat memberikan waktu dan tempat bagi saya guna untuk silaturahmi dan komunikasi tentang berbagai hal ketika kami berbicara diruang kerjanya, beliau pada kesempatan itu mengatakan " Tidak ada salahnya untuk mulai menanamkan jiwa kepemimpinan ini pada anak didik. Ada beberapa sikap dasar yang harus senantiasa dilatih, seperti rasa percaya diri, kejujuran, berani berpendapat, tanggung jawab, dan saling menghargai, "tuturnya. Selain itu pula haruslah membiasakan beragam sikap positif serta mengenalkan mereka pada sosok pemimpin. Dengan cara ini, tentu pula berharap mereka bisa belajar gaya leadership serta bagaimana sikap pemimpin sejati ketika menghadapi suatu masalah. Berikut ini seorang sosok pribadi seorang Pejabat Militer yang rendah hati, bijaksana dan tegas di Indonesia, salah satunya dari Brigadir Jenderal TNI Herianto Syahputra, S.I.P, MSi yang bisa dijadikan figur dalam proses menanamkan jiwa kepemimpinan anak didik dan prajuritnya dimana beliau ditugaskan oleh Negara.

Sosok beliau ini, Jiwa kepemimpinan terlihat ketika sedang menimba ilmu di AKMIL, Magelang dengan berbagai prestasi sehingga sekarang sudah diraihnya dan memiliki posisi jabatan Komandan Pusat Pendidikan Dan Latihan ( Danpusdikma ), saat itu beliau juga mengatakan bahwa biasanya seorang pemimpin atau komandan tersebut identik dengan aura karismatik, punya visi misi ke depan, mampu mengendalikan apa yang dipimpin dan yang utamanya pandai bicara. Beliau menambahkan juga, " seorang pemimpin tidak selalu digambarkan sebagai sosok yang pintar mempengaruhi orang dan paling depan, oleh karena itu sebenarnya setiap orang punya jiwa kepemimpinan sejak lahir namun tidak semuanya yang menyadari atau menonjolkan dirinya itu " kata sang jenderal bintang satu.

Di lain sisi, Dasar dari seorang pemimpin itu ada di setiap kelompok, baik dalam organisasi maupun lingkup pertemanan. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana dia menanggapi kondisi lingkungan serta sikap dalam diri sendiri. Sang Jendral sebagai pemimpin yang memilih untuk beraksi daripada menyampaikan kata - kata dalam mempengaruhi lingkungannya, namun kesempatan ini juga menyampaikan bahwa ada juga pemimpin yang memilih bersentuhan langsung dengan prajuritnya supaya lebih dekat, lalu tinggal bagaimana cara kita masing - masing menunjukkan sikap kepemimpinan dalam kesatuannya, pungkasnya.

Pen : Wibowo
Sumber : Brigadir Jenderal TNI Herianto Syahputra, S.I.P, MSi

Posting Komentar

0 Komentar