Update

8/recent/ticker-posts

*Kodam XII/Tpr Terima Kunjungan Kerja Komisi I DPR RI*



Kalimantan Barat | BNRI NEWS

Kubu Raya, Senin (22/2/21) - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad diwakili Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., menerima Kunjungan Kerja Anggota Komisi I DPR RI Bapak Krisantus Kurniawan, S.I.P., M.Si., serta rombongan di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr. Kunjungan kali ini dalam rangka Kunjungan Kerja Reses Perorangan Anggota Komisi I DPR RI Masa Sidang IV Tahun Sidang 2020-2021.

Kunjungan Kerja Komisi I DPR RI ke Provinsi Kalimantan Barat, kali ini dilaksanakan untuk mengetahui situasi dan kondisi secara langsung terkait dengan pembangunan khususnya bidang pertahanan dan pelaksanaan tugas keamanan oleh Mitra Kerja Komisi I DPR RI. 

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos dalam kesempatan tersebut menyampaikan, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Kodam XII/Tpr dapat menerima Kunjungan Kerja Komisi I DPR RI ke Kodam XII/Tpr. 

"Kiranya kunjungan kerja ini dapat menjadi wadah atas segala kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh Kodam XII/Tpr dalam rangka membangun bidang pertahanan di  wilayah Kalimantan Barat," ujar Kasdam XII/Tpr saat membacakan sambutan Pangdam XII/Tpr.

Melalui kunjungan ini, kata Kasdam XII/Tpr diharapkan, diantaranya pertama, mewujudkan pembangunan kekuatan pokok Kodam XII/Tpr untuk menghadapi seluruh potensi ancaman yang bersumber dari perkembangan lingkungan strategis, nasional, regional dan global. Kedua, terwujudnya wilayah perbatasan yang memiliki batas yang jelas dan bebas pelanggaran kedaulatan negara di wilayah Kodam XII/Tpr serta memiliki daya tangkal yang handal dalam menghadapi setiap ancaman. 

Ketiga, tergelarnya kekuatan Kodam XII/Tpr yang sinkron dengan wilayah pembangunan di daerah sesuai dengan prioritas pembangunan nasional yang mampu menjaga daerah-daerah terpencil, daerah perbatasan darat dan pulau-pulau kecil terluar. Keempat, terwujudnya Ruang, Alat dan Kondisi juang yang tangguh, di wilayah pertahanan aspek darat di Kodam XII/Tpr. 

"Kelima, tercapainya pembinaan fasilitas diarahkan untuk mewujudkan kesiapsiagaan satuan, pembinaan kemampuan dan terpeliharanya moriil serta kesejahteraan Prajurit beserta keluarganya. Keenam, terbentuknya Satgas Cyber Kodam XII/Tpr dalam rangka untuk mencegah terjadinya Cyber Crime kepada Prajurit dan keluarganya," kata Brigjen TNI Djaka Budhi Utama mengharapkan.

Sedangkan Anggota Komisi I DPR RI Bapak Krisantus Kurniawan, S.I.P., M.Si., menyampaikan, Komisi I DPR RI memiliki ruang lingkup tugas diantaranya bidang pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika serta intelijen. Selain bermitra dengan TNI, Komisi I juga bermitra kerja dengan Kemhan, Kemlu, Kemenkominfo, BIN, KPI, LPP TVRI, LPP RRI, Dewan Pers.

Adapun kunjungannya kali ini, kata Bapak Krisantus, untuk mengetahui secara langsung kondisi Alutsista, sarana dan prasana yang dimiliki oleh jajaran Kodam XII/Tpr. Serta tingkat kesejahteraan prajurit dan perkembangan sengketa batas wilayah RI-Malaysia serta kendala yang dihadapi.

"Informasi akan sangat berharga bagi kami, sebagai bahan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian Pertahanan. Tentunya nanti saya berharap apa yang saya dapatkan pada hari ini akan berdampak kepada kebijakan di bidang pembangunan TNI kedepan," tutup Bapak Krisantus yang juga putra asli Kalbar.

Posting Komentar

0 Komentar