Update

8/recent/ticker-posts

Pembibitan Pinang Unggul Lokal dan Pinang Unggul Betara Telah Ada di Simeulue




SIMEULUE - BNRI NEWS

Pinang merupakan tanaman perkebunan yang nilai ekonomisnya cukup tinggi bahkan sudah merambah ekspor. Setiap bagian pohonnya mulai dari akar hingga buah yang dihasilkan bisa dimanfaatkan. Justru buahnya yang kerap di ekspor ke berbagai negara. Sehingga kemudian banyak petani yang beralih membudidayakan pohon pinang karena nilainya yang sangat menggiurkan.

Seperti yang dilakukan oleh Zakaria selaku direktur utama CV. Meugah Raya Perkasa yang telah melakukan pembibitan pinang unggul lokal dan pinang unggul betara saat ditemui awak media Rabu (16/6) mengatakan " dalam memilih bibit pinang untuk dibudidayakan harus jeli agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan, dan yang paling penting tidak tertipu dengan label palsu."

Dua jenis pinang unggulan yang sudah disahkan dan punya lisensi oleh pemerintah, yakni bibit pinang unggul lokal dan pinang unggul betara . Pinang ini berasal dari Jambi, tepatnya dibudidayakan di wilayah kecamatan Betara kabupaten Tanjung Jabung Barat, karenanya populer di sebut Pinang Betara. Sementara bibit pinang unggul lokal yang sudah memiliki lisensi yang pembibitannya di kecamatan Saree ,di kabupaten aceh besar dan ada juga di kecamatan kuala pesisir kabupaten nagan raya

Keunggulan yang dimiliki pohon pinang jenis ini ialah buah yang dihasilkan berukuran lebih besar dari ukuran buah pinang pada umumnya. Dengan rata-rata berat per buahnya mencapai 47,06 gram, dan dalam satu tandan bisa menghasilkan buah antara 130 hingga 150 buah. 

Menjadi salah satu varietas unggulan, bibit pinang betara menjadi bibit yang paling dicari untuk dibudidayakan begitu juga dengan bibit pinang unggul lokal tidak kalah dengan bibit unggul batara. Mulai berbuah di usia tanam 4 hingga 5 tahun sudah berbuah dan sudah bisa di panen

Zakaria ( Jeck) juga menambahkan CV. Meugah Raya Perkasa yang bergerak dibidang pembibitan pinang unggul lokal dan pinang unggul betara dan telah memiliki lahan pembibitan seluas 1.5 hektar di desa sua sua dan telah mengantongi izin dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia Nomor : 114/Kpts/KB.020/10/2019 tanggal 23 Oktober 2019, Pohon induk Terpilih (PIT) di kecamatan sawang kab. Aceh utara dan sudah bekerja sama dengan producent tunggal pinang betara prop jambi NO 124/kpts/KB.020/12/2017 . NO 137/kpts/KB.020/12/2017 ,NO 124 /kpts/KB.020/9/2019,Surat Keterangan dari Kemenkumham RI Nomor : AHU-0007322-AHA.01.17 2020 Tanggal 09 April 2020., SIUP Nomor : 9120317152776 tanggal 27 November 2019., Surat Domisili Usaha dari Kepala Desa Sua sua Nomor : 470/268/DSS/2021 tanggal 08 Juni 2021

Dengan adanya kegiatan CV. Meugah Raya Perkasa dalam hal pembibitan pinang unggul lokal dan bibit pinang unggul betara telah menyerap tenaga kerja masyarakat lokal diantara nya masyarakat Desa Sua Sua, Desa Lasikin dan menerima tenaga kerja harian bagi masyarakat lain nya yg ingin bekerja

Lebih lanjut Zakaria (Jeck) juga mengharapkan kepada Pemerintah daerah kabupaten simeulue , Dinas terkait, seluruh Kepala Desa dalam kabupaten simeulue, Kelompok Tani, serta masyarakat dalam wilayah Kabupaten Simeulue mengutamakan produk lokal yg bibit nya sudah tersedia di lahan pembibitan Desa Sua Sua yang ingin mendapatkan atau memesan bibit pinang unggul batara dan bibit unggul lokal yang bersertifikasi serta terjamin agar tidak lagi memesan dari luar daerah Simeulue, karena kita telah hadir di Simeulue.

Kami juga melayani pembelian bibit tanaman pinang unggul lokal dan pinang unggul Betara dalam jumlah kecil maupun jumlah besar. Dan jangan khawatir berapa pun bibit yang Anda pesan tersedia, pelayanan terbaik tetap akan Anda dapatkan dari kami. 

"Tanaman yang kami tawarkan merupakan bibit bibit dari varietas unggulan dengan kualitas terjamin dan siap tanam."

Dapatkan info tentang bibit tanaman pinang unggul lokal dan pinang unggul Betara melalui telepon langsung di nomor 0811641134 atau juga bisa datang langsung ke lokasi pembibitan di Desa Sua Sua kecamatan Teupah Tengah.

(Helman/Kontributor)

Posting Komentar

0 Komentar