Update

8/recent/ticker-posts

Kapolres Simeulue Membuka Secara Resmi Focus Group Discussion





Simeulue|BNRI NEWS 

Dengan Mengusung tema “Optimalisasi Posko PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Skala Mikro dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 di wilayah Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh," Polres Simeulue menggelar FGD dan dibuka secara resmi oleh Kapolres Simeulue AKBP, Agung Surya Prabowo, S.I.K., di ruang Joglo Sanika Satyawadha Polres Setempat, Selasa (13/7/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin dan dibuka langsung oleh Kapoles Simeulue AKBP, Agung Surya Prabowo, S.I.K. Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0115/Simeulue, Letkol Inf Yogi Bahtiar, S.Kom., M.B.A., Danlanal Simeulue diwakili Pjs. Pasops, Lettu Laut (P) Supriyanto, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Simeulue Djamaludin, S.H., M.H., Kepala BPBD Simeulue Edi Rahman, S.IP, para PJU Polres Simeulue, Para Peserta FGD dari Camat, Kapolsek, Danramil dan Kades.

Kapoles Simeulue AKBP, Agung Surya Prabowo, S.I.K dalam sambutannya menuturkan bahwa, dalam kondisi penuh keprihatinan saat ini dalam masa pandemi covid-19 Polri dituntut menjadi salah satu garda terdepan guna memastikan terselenggaranya program pemerintah dalam percepatan penanganan virus corona.

"Dimana Polri berkewajiban melaksanakan upaya-upaya persuasif dalam bentuk memberikan edukasi, himbauan pada seluruh lapisan masyarakat.

Kapolres menjelaskan," Polres Simeulue bekerja sama dengan TNI dan stakeholder terkait telah membentuk posko PPKM sebanyak 138 posko, yang mana keberadaan posko PPKM tersebut sangatlah bermanfaat sebagai upaya preventif atau pencegahan, dan sebagai bentuk deteksi dini atau peringatan dini penyebaran covid-19 secara mikro pada level desa. 

"Oleh karena itu sangatlah penting diselenggarakannya focus group discussion ini selain menjalin silaturrahmi kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi dan upaya-upaya dalam memaksimalkan pelaksanaan ppkm berbasis mikro ini," jelasnya.

Lanjudnya, merujuk pada data komite penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (kpc-pen) perkembangan kasus covid-19 menunjukkan tren kenaikan terutama di beberapa daerah yang sudah masuk zona merah, dengan update terkini data covid-19 secara nasional per 11 juli 2021 dengan positif terpapar 2.527.203 orang, dengan angka kesembuhan 2.084.724 orang, dan yang meninggal secara keseluruhan nasional 66.464 orang. 

"Masih tingginya kasus covid-19 secara umum disebabkan tingkat pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap covid-19 serta protokol kesehatan masih rendah terutama di wilayah pinggiran-stum area, dan memerlukan upaya penanganan komprehensif dari hulu ke hilir antara lain, edukasi prokes 5m, pelaksanaan 3t, pelayanan tretmen penegakan prokes, penerapan pembatasan gerak, ppkm darurat, penegakan hukum, dan bantuan sosial.

Kapolres juga menjelaskan, Pemerintah berencana menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau ppkm mikro darurat mulai 2 juli 2021 hingga 20 juli 2021 yaitu dengan 4 tahapan

1. PPKM mikro darurat dilaksanakan ketika rata-rata kasus harian di sebuah wilayah lebih dari 20.000 orang dan tingkat penggunaan fasilitas rumah sakit di atas 70 persen. 

2. PPKM ketat, dilaksanakan ketika kasus harian berada di 10.000 hingga 20.000 kasus per hari serta penggunaan fasilitas rumah sakit antara 50 persen hingga 70 persen.

3. PPKM sedang, diterapkan ketika kasus harian covid-19 sebanyak 5.000 hingga 10.000 dan fasilitas rumah sakit terisi 30 hingga 50 persen. 

4. PPKM terbatas, dilaksanakan bila kasus harian covid-19 kurang dari 5.000 dan fasilitas rumah sakit terisi di bawah 30 persen.

"Sedangkan untuk data terpapar simeulue per tanggal 12 juli 2021 positif covid-19 sebanyak 157 orang, positif dirawat 2 orang, positif isolasi mandiri 7 orang, positif sembuh 139 orang, dan meninggal dunia 9 orang. 

"Untuk menekan laju peningkatan kasus covid-19 pemerintah melakukan tindakan yang tepat dengan melakukan penguatan ppkm mikro serta mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi. guna mendorong percepatan vaksinasi polres simeulue telah membuat gerai/posko vaksinasi massal di klinik kesehatan polres simeulue dan untuk melayani vaksinasi masyarakat.

"Maka dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan focus group discussion dengan mengangkat tema optimalisasi posko ppkm mikro dan pelaksanaan vaksinasi di kab simeulue oleh Polres Simeulue saya nyatakan dibuka," Tutup Kapolres.

(Helman)

Posting Komentar

0 Komentar